Pengaruh Prestasi Belajar Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Sekolah dan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK di DIY.

Saputra, Beny Dwi (2018) Pengaruh Prestasi Belajar Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Sekolah dan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-beny-dwi-saputra-16719251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara individual dan simultan prestasi belajar akuntansi komputer, kompetensi pedagogik guru, lingkungan sekolah dan praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa program keahlian akuntansi SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, dengan sasaran siswa kelas XII program keahlian Akuntansi SMK Daerah Istimewa Yogyakarta tahun pelajaran 2018/2019. Responden sebanyak 207 siswa, terdiri dari 29 siswa di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, 62 siswa di SMK Negeri 1 Bantul, 25 siswa di SMK Yapemda Sleman, 60 siswa di SMK Negeri 1 Wonosari dan 31 siswa di SMK Negeri 1 Pengasih yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar akuntansi komputer berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 (2) kompetensi pedagogik guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai signifikansi 0,004<0,05 (3) lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 (4) praktek kerja industri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai signifikansi 0,014<0,05 (5) prestasi belajar akuntansi komputer, kompetensi pedagogik guru, lingkungan sekolah dan praktek kerja industri berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 0,479 atau 47,9% dan sisanya sebesar 52,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan kerja, prestasi belajar, kompetensi pedagogik, lingkungan sekolah, praktek kerja industri
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:03
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62451

Actions (login required)

View Item View Item