Dina, Risma (2018) Pengembangan Program Tahunan Bimbingan dan Konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-risma dina-16713251020.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan program tahunan bimbingan dan konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan program tahunan bimbingan dan konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengikuti prosedur model Borg & Gall. Subjek validasi program tahunan bimbingan dan konseling dalam penelitian dan pengembangan ini adalah 2 ahli yang berkompeten dalam program bimbingan dan konseling dan 3 orang guru kelas SD Negeri Serayu Yogyakarta sebagai praktisi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli, kuesioner validasi praktisi, dan pedoman focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) menghasilkan produk berupa program tahunan bimbingan dan konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. (2) berdasarkan hasil uji validasi ahli terhadap program tahunan bimbingan dan konseling mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 86,8% (kategori baik), dan hasil uji validasi praktisi terhadap program tahunan bimbingan dan konseling mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 91,62% (kategori baik). Dapat disimpulkan bahwa program tahunan bimbingan dan konseling di SD Negeri Serayu Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 baik dan layak untuk diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program tahunan, bimbingan dan konseling, sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 07:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62448 |
Actions (login required)
View Item |