Evaluasi Implementasi Nilai Karakter Utama pada Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bandung.

Meivawati, Eli (2018) Evaluasi Implementasi Nilai Karakter Utama pada Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bandung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eli-meivawati-16701251017.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) relevansi karakteristik sekolah dengan penguatan pendidikan karakter di SD, (2) persiapan sekolah untuk implementasi penguatan pendidikan karakter di SD, (3) implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah SD, dan (4) dampak penguatan pendidikan karakter terhadap perilaku siswa di SD. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model context, input, process, dan output (CIPO). Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa di SD Al-Mabrur, SDN Cicalengka 05, dan SDN Percobaan di Kabupaten Bandung. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan kuesioner yang hasilnya dibandingkan dengan kriteria keberhasilan. Analisis data menggunakan kategorisasi penilaian berdasarkan skor yang diperoleh pada setiap tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketiga sekolah memiliki potensi dan keunikan yang relevan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) seperti konsep pendidikan inklusi, gerakan sekolah adiwiyata, budaya etos kerja, dan memperkuat kearifan lokal dengan penggunaan bahasa daerah. (2) Beberapa persiapan sekolah yang dilakukan yaitu pelatihan PPK untuk guru, alokasi dana untuk PPK, fasilitas sekolah yang mumpuni dan sesuai dengan standar sarana prasarana sekolah, tata kelola sekolah yang mendukung pelaksanaan PPK, dan perangkat pembelajaran yang diintegrasikan dengan nilai karakter sesuai dengan konsep PPK. (3) Implementasi PPK ditunjukkan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Intrakurikuler seperti pembelajaran agama, pembelajaran tematik kewarganegaraan, kegiatan pembiasaan seperti gerakan literasi, membaca doa, Quran, dan menyanyikan lagu nasional, kegiatan refleksi seperti refleksi diri sendiri dan menyanyikan lagu daerah. Kegiatan kokurikuler seperti upacara bendera, salat berjamaah, perayaan keagamaan, dan aturan sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, baca tulis Quran, seni tari, dan dokter cilik. (4) Ketercapaian evaluasi di ketiga sekolah berada pada kategori yang tinggi. Praksis PPK bagi siswa di ketiga sekolah sudah mulai menjadi kebiasaan, penanaman karakter yang dilakukan secara konsisten akan secara bertahap terinternalisasi dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Karakter Utama, Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:02
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62419

Actions (login required)

View Item View Item