HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Pambudhi, Setya Adi (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dengan Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 2) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK, 3) Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Kalasan sebanyak 32 siswa. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah 1) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r) sebesar 0,236; (R square) sebesar 0,056; 2) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r) sebesar 0,261; (R square) sebesar 0,068; 3) Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r) sebesar 0,270; (R square) sebesar 0,073.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar PJOK
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62407

Actions (login required)

View Item View Item