Fadilah, Nunung (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Komunikasi dan Aspek Kognitif Fisika Siswa SMA Berbasis Local Wisdom Game. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nunung-fadilah-16726251039.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan aspek kognitif fisika siswa SMA berbasis local wisdom game yang memenuhi syarat konstruksinya dibuktikan dengan validitas isi untuk instrumen aspek kognitif dan hasil telaah oleh ahli instrumen kemampuan komunikasi; (2) mengetahui karakteriktik instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan aspek kognitif fisika siswa SMA berbasis local wisdom game ditinjau dari validitas empiris, reliabilitas skor, dan tingkat kesukaran butir; (3) to reveal the effectiveness of communication skills assessment instruments and cognitive aspects of high school students based on local wisdom games. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan instrumen yang dikemukakan oleh Mardapi. Langkah yang digunakan meliputi: 1) menyusun spesifikasi instrumen; 2) menulis instrumen; 3) menelaah instrumen; 4) melakukan uji coba instrumen; 5) menganalisis butir instrumen; 6) memperbaiki instrumen; 7) melaksanakan pengukuran; dan 8) menafsirkan hasil pengukuran. Desain uji coba meliputi: 1) penilaian ahli terdiri dari uji validitas isi instrumen tes yang melibatkan 6 ahli dan dianalisis dengan persamaan Aiken, serta telaah instrumen non tes yang melibatkan 6 ahli dan dianalisis menggunakan indeks kesepakatan Gregory; 2) uji coba terbatas melibatkan 260 siswa kelas XI dengan jumlah item yang diujicobakan adalah 32 dan uji keterbacaan melibatkan masing-masing satu guru fisika dan satu kelas siswa kelas XI dari SMAN 1 Kebumen, SMAN 1 Pejagoan, dan SMAN 1 Klirong yang kemudian dianalisis mengikuti PCM (Partial Credit Model) dengan bantuan program Quest dan Parscale untuk instrumen tes dan uji keterbacaan instrumen non tes dianalisis secara deskriptif; 3) uji coba lapangan produk melibatkan 35 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Muntilan yang kemudian digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi dan aspek kognitif fisika siswa dan diminta untuk memberikan penilaian terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) instrumen penilaian yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas isi untuk instrumen tes dengan koefisien Aiken V berada pada rentang 0,94 sampai 1,00 (valid), sedangkan instrumen non tes mendapat nilai telaah oleh ahli dengan rentang 0,88 sampai 1 dalam kategori sangat baik; 2) seluruh butir soal fit dengan PCM dengan nilai INFIT MNSQ 1,00 ± 0,06, estimasi item reliability sebesar 0,87 dan cocok untuk siswa dengan kemampuan -2,25 ≤
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan instrumen penilaian, kemampuan komunikasi, tes aspek kognitif |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 03:49 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62402 |
Actions (login required)
View Item |