PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA MELALUI PENDEKATAN SAVI UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PULIHARJO KABUPATEN KEBUMEN

Hani, Nabhan (2019) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA MELALUI PENDEKATAN SAVI UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PULIHARJO KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nabhan Hani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Puliharjo, Puring, Kebumen melalui Pendekatan SAVI. Tujuan penelitian ini juga meningkatkan proses pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan SAVI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Puliharjo semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes tertulis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa Pendekatan SAVI dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan proses belajar dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas V SD Negeri 2 Puliharjo. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa dengan rata-rata persentase keterlaksanaan 75% kemudian meningkat pada siklus II yaitu rata-rata persentase keterlaksanaan 85% dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa dapat dilihat dari nilai tes yang diperoleh siswa. Pada akhir siklus I nilai rata-rata tes siswa mencapai 76,19 dengan. Pada akhir siklus II nilai rata-rata tes mencapai 93,57 pada pertemuan kedua. Hasil tersebut dapat dicapai dengan melaksanakan pembelajaran IPA menggunakan pendekatan SAVI dengan empat tahapan dan terdapat variasi permainan, diskusi kelompok, serta setiap akhir pertemuan diadakan evaluasi. Kata Kunci : kemampuan memecahkan masalah, pembelajaran IPA, pendekatan SAVI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62399

Actions (login required)

View Item View Item