PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PERILAKU HIDUP SEHAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 GERDUREN PURWOJATI, BANYUMAS

Gunawan, Dwi Antony (2019) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PERILAKU HIDUP SEHAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 GERDUREN PURWOJATI, BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI ANTONY GUNAWAN NIM. 14604221038, UNY, FIK, PGSD PENJAS PERPUS.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media audio visual dan pembelajaran perilaku hidup sehat khususnya kebersihan tangan dan kaki pada siswa kelas II SD Negeri 3 Gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) tentang pengembangan media audio visual dalam pembelajaran perilaku hidup sehat khususnya kebersihan tangan dan kaki. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 3 Gerduren dengan jumlah 19 anak. Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media yang berupa hasil validitas produk dari ahli materi dan ahli media. Instrumen yang berupa validitas produk ini diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar evaluasi yang telah dibuat berdasarkan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media audio visual yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD). Hasil validasi dari ahli materi mendapat kategori “sangat baik” dan hasil validasi dari ahli media mendapat kategori “sangat baik”. Hasil uji kelompok kecil mendapat kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar mendapat kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada khususnya materi perilaku hidup sehat kesehatan tangan dan kaki, pada siswa kelas II SD Negeri 3 Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas layak digunakan sebagai sumber bahan ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Audio Visual, Pendidikan Penjas
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2019 08:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62391

Actions (login required)

View Item View Item