Latifah, Nurul (2018) Efektivitas Teknik Sosiodrama terhadap Peningkatan Self-Esteem dan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Godean. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nurul latifah-5713251020.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan masa remaja melibatkan dinamika psikologis dan sosial yang kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan self-esteem dan perilaku asertif pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan purposive sampling technique, dan didapatkan kelas VII D sebagai kelompok eksperimen serta kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala self-esteem dan skala perilaku asertif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil perbandingan nilai pre-test dan post-test menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05) pada variabel self-esteem dan p= 0,000 < 0,05 pada variabel perilaku asertif. Perbandingan post-test self-esteem menunjukkan signifikansi p= 0,000 < 0,05 dan post-test perilaku asertif menunjukkan signifikansi p= 0,000 > 0,05, artinya Ho ditolak. Jadi, teknik sosiodrama terbukti efektif untuk meningkatkan self-esteem dan perilaku asertif pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Godean
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sosiodrama, self-esteem, perilaku asertif. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 07:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62389 |
Actions (login required)
View Item |