Konsep Pendidikan dalam Karya-Karya Andrea Hirata Kajian Sosiologi Sastra.

Mardiko, Joko (2018) Konsep Pendidikan dalam Karya-Karya Andrea Hirata Kajian Sosiologi Sastra. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-joko-mardiko-14715251005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan formal, informal, dan nonformal yang terdapat pada novel-novel karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode utama yang digunakan dalam penelitian ini, bertumpu pada metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis dilakukan dengan mendeeskripsikan fakta-fakta kemudian disusul dengan analisis, tidak semata-mata menguraikan melainkan memberikan pemahaman dan penjelasan secukupnya. Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan pendidikan yang terdapat dalam karya sastra, kemudian memberikan analisa dari fakta tersebut, fakta dalam hal ini adalah pendidikan yang tercermin dalam cerita pada novel-novel karya Andrea Hirata, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data-data yang ditemukan tersebut. Penelitian ini juga akan mengunakan pendekatan yang sesuai dengan objek formal maupun materialnya, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan konsep pendidikan yang terdapat dalam karya-karya Andrea Hirata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan formal dalam karya-karya Andrea Hirata merupakan pendidikan yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan generasi bangsa, keberhasilan pendidikan formal turut di dukung oleh guru yang tidak hanya mentransfer ilmu namun juga mampu menjadi contoh dalam kehidupan. Konsep pendidikan informal adalah untuk membantu dan mendorong peserta didik dalam proses pendidikan. Sedangkan Konsep pendidikan nonformal merupakan lembaga yang membantu peserta didik untuk menggapai impiannya yang belum tercapai melalui pendidikan formal. Pendidikan formal, informal, dan nonformal dalam penerapannya memiliki hubungan yang erat, antara ketiga pendidikan tersebut memiliki peranan masing- masing yang saling berkaitan satu sama lain. Hubungan tersebut seperti adanya perananan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Andrea Hirata, sosiologi sastra.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:28
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62382

Actions (login required)

View Item View Item