PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU DI SMK MUHAMMADIYAH I LENDAH

Wulandari, Bekti (2010) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU DI SMK MUHAMMADIYAH I LENDAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BEKTI_WULANDARI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya sumbangan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap pengembangan karir guru di SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Subjek penelitian ini adalah guru SMK Muhammadiyah 1 Lendah yang berjumlah 31 guru. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Lendah tergolong kategori sangat tinggi (sangat baik). Hal ini ditunjukkan dalam distribusi frekuensi kecenderungan dengan interval X > 61; (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengembangan karir guru SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,389, koefisien determinan (r2) sebesar 0,331 atau sebesar 33,1 %, r hitung lebih besar dari r tabel (0,389 >0,355) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 6,067 + 0,761 X.; (3) Motivasi kerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Lendah tergolong kategori sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dalam distribusi frekuensi kecenderungan dengan interval X < 41,3; (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap pengembangan karir guru SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,524, koefisien determinan (r2) sebesar 0,275 atau sebesar 27,5 %, r hitung lebih besar dari r tabel (0,524 >0,355) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 3,726 + 1,060 X.; (5) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan moticasi kerja guru secara bersama-sama terhadap pengembangan karir guru SMK Muhammadiyah 1 Lendah. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,623, sumbangan efektif sebesar 38,9 %, r hitung lebih besar dari r tabel (0,623>0,355) dan ditunjukan dengan persamaan Y = -8,334 + 0,490X1 + 0,677X2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:36
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6238

Actions (login required)

View Item View Item