Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Bangun Ruang Berbasis Prinsip Mayer dan Pendekatan Belajar J. Bruner Untuk Siswa Kelas V SD.

Setyawati, Astri (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Bangun Ruang Berbasis Prinsip Mayer dan Pendekatan Belajar J. Bruner Untuk Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astri-setyawati-16707251014.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pengembangan multimedia pembelajaran bangun ruang yang layak ditinjau dari prinsip Mayer dan pendekatan belajar J. Bruner untuk siswa kelas V SD, dan 2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran yang dihasilkan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SD Negeri Panjatan dengan menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Pengujian produk terdiri dari uji alfa dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia, dan uji efektivitas untuk mengetahui tingkat kefektivitasan multimedia dalam pembelajaran. Uji alfa melibatkan dua ahli materi dan dua ahli media. Uji beta melibatkan lima siswa kelas V SD Negeri Panjatan sebagai responden. Uji efektifitas melibatkan 16 siswa kelas V SD Negeri Panjatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang berbentuk file .exe yang dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD). Produk multimedia pembelajaran ini memiliki karakteristik mampu memvisualisasikan konsep bangun ruang yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Selain itu, produk ini memiliki berbagai komponen media yang aktivitas penggunanya dapat dikontrol secara mandiri oleh siswa dengan pengorganisasian materi menggunakan strategi penyajian yang sesuai dengan pendekatan belajar Bruner. Kemudian, masing-masing submateri dalam multimedia juga dilengkapi dengan latihan yang sesuai dengan isi materi dengan model latihan yang beragam seperti drop and drag, pilihan ganda, dan uraian. Hasil pengujian produk pada uji alfa dinilai bahwa multimedia masuk pada kriteria sangat layak dengan hasil validasi ahli media pertama sebesar 3,86 dan ahli media kedua sebesar 3,79 dengan skor rata-rata sebesar 3,82 dari 4,00, sedangkan hasil validasi ahli materi pertama sebesar 3,65 dan ahli materi kedua sebesar 3,91 dengan skor rata-rata 3,78 dari 4,00. Pada uji beta diperoleh hasil bahwa multimedia masuk dalam kriteria sangat layak dengan hasil validasi sebesar 3,66 dari 4,00. Multimedia ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Panjatan dengan nilai gain 0,70 yang termasuk dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, bangun ruang, prinsip Mayer, pendekatan belajar Bruner
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:35
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62376

Actions (login required)

View Item View Item