Hubungan Antara Kompetensi Pengetahuan, Wawasan Sejarah, Dan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Sikap Bela Negara Siswa SMA

Zakaria, Muhammad Iksan (2018) Hubungan Antara Kompetensi Pengetahuan, Wawasan Sejarah, Dan Prestasi Belajar Sejarah Dengan Sikap Bela Negara Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-iksan-zakaria-16718251005.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan secara bersama-sama dan sendiri -sendiri antara kompetensi pengetahuan, wawasan sejarah, dan prestasi belajar sejarah dengan sikap bela negara siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di enam SMA N yang ada di Yogyakarta. Instrumen penilaian berupa test yang meliputi kompetensi pengetahuan, wawasan sejarah, prestasi belajar sejarah dan sikap bela negara yang telah ditelaah oleh ahli dan diujicobakan secara empirik. Subjek penelitian terbagi menjadi subjek uji coba oleh 283 responden dan subjek pengukuran oleh 65 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan test. Data hasil validasi isi yang ditelaah oleh dosen dan guru kemudian dinalisis menggunakan persamaan Aiken. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan pendekatan IRT (Item Respons Theory). Data hasil pengukuran yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan statistik multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi pengetahuan, wawasan sejarah, dan prestasi belajar dengan sikap bela negara. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung sebesar 0.478, Fhitung sebesar 6.026, dan signifikansi 5% dengan sampel 65 responden. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara wawasan sejarah dengan sikap bela negara. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung sebesar 0.374 dan signifikansi 5%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara wawasan sejarah dengan sikap bela negara. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung sebesar 0.367 dan signifikansi 5%. (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pengetahuan dengan sikap bela negara. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung sebesar 0.351 dan signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pengetahuan, wawasan sejarah, prestasi belajar sejarah, sikap bela negara.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:51
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62374

Actions (login required)

View Item View Item