Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Teori Van Hiele Berorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Lingkaran SMP.

Putra, Wan Denny Pramana (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Teori Van Hiele Berorientasi pada Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Lingkaran SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wan-denny-pramana-putra-16709251010.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran edutainment berupa aplikasi smartphone yang berbasis Teori Van Hiele pada materi lingkaran SMP, dan 2) mendeskripsikan karakteristik dan kualitas media yang dihasilkan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini mengadopsi pada model pengembangan multimedia yang disusun oleh Alessi dan Trollip (2001). Tahapan pada pengembangan ini terdiri dari perencanaan, desain, dan pengembangan. Desain uji coba pada penelitian ini terdiri dari uji alpha, uji beta, dan evaluasi. Responden pada penelitian ini terdiri dari tiga orang ahli pada uji alpha, dua orang guru matematika dan 30 orang siswa pada uji beta, dan lima orang guru matematika serta 29 orang siswa pada evaluasi produk. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pada smartphone dengan sistem operasi android. Karakteristik dari media yang dikembangkan memfasilitasi siswa dalam memahami konsep matematika dan meningkatkan minat belajar siswa. Media yang dikembangkan menyesuaikan dengan teori Van Hiele yang memperhatikan proses pemahaman siswa mengenai geometri. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil penilaian ahli media dan ahli materi termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Media yang dikembangkan juga memenuhi kriteria praktis berdasarkan pada hasil respons guru dan respons siswa yang termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif jika ditinjau dari minat belajar siswa berdasarkan peningkatan rata-rata minat dan 86,21% siswa termasuk dalam kategori minimal “Tinggi”. Namun media yang dikembangkan tidak memenuhi kriteria efektif jika ditinjau dari pemahaman konsep siswa karena hasil tes pemahaman konsep siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: edutainment, van hiele, pemahaman konsep, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:32
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62373

Actions (login required)

View Item View Item