Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Negeri 2 Pengasih.

Khaharsyah, Alfat (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Negeri 2 Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfat khaharsyah-14702251061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang digunakan siswa dalam proses belajar mengajar paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pengasih; (2) mengevaluasi tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan; (3) mendeskripsikan tingkat efektivitas uji coba produk media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang meliputi: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Tahapan pengembangan produk terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Uji coba produk terdiri dari uji coba internal dan uji coba eksternal. Data hasil uji coba dikumpulkan dengan angket, observasi lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari kuisioner, media pembelajaran berbentuk Application Package File( APK), dan kumpulan dokumen. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa kelas TKR SMK Negeri 2 Pengasih, dengan dua orang validator instrumen, dua validator produk, dan dua orang guru. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan produk berupa media pembelajaran berbasis android yang terdapat beberapa menu: menu pojok kanan atas, menu deskripsi, menu teori, dan menu latihan; (2) tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android diperoleh dari ahli materi masuk kategori baik/layak dengan rerata skor 4,16, dan ahli media masuk kategori baik/layak dengan rerata skor 4,00, sedangkan uji coba kelayakan produk terhadap siswa masuk kategori baik/layak dengan rerata skor 4,11; (3) tingkat efektivitas penerapan produk media pembelajaran berbasis android didapat N-gain sebesar 76,09 (efektif).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran berbasis android, kelayakan, efektivitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:20
Last Modified: 18 Aug 2022 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62372

Actions (login required)

View Item View Item