EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM KKN-PPL BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SMKN 2 WONOSARI

Wiryandari, Septriana (2010) EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM KKN-PPL BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septriana_Wiryandari_04502241002.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian standar kompetensi mahasiswa program KKN-PPL berdasarkan persepsi guru di SMKN 2 Wonosari yang dinilai dari delapan standar kompetensi mahasiswa program KKNPPL yang telah ditetapkan oleh UPPL UNY. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tercapainya standar kompetensi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian sebanyak 31 guru pembimbing mahasiswa KKN-PPL di SMKN 2 Wonosari. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.0 dengan taraf signifikan 5%. Koefisien alpha instrumen memahami karakteristik peserta didik sebesar 0,848, alpha cronbach untuk instrumen menguasai bidang studi sebesar 0,761, alpha cronbach untuk menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik sebesar 0,837, alpha cronbach untuk memiliki kepribadian sebagai guru sebesar 0,761, alpha cronbach untuk memahami dinamika kehidupan sekolah sebesar 0,794, alpha cronbach untuk memiliki kemampuan mengelola program kegiatan sebesar 0,671, alpha cronbach untuk memiliki kemampuan pemberdayaan sekolah sebesar 0,758, dan alpha cronbach untuk memiliki potensi life skill sebesar 0,783 dalam kategori kuat dan sangat kuat. Sehingga secara keseluruhan diperoleh rata-rata uji reliabilitas koefisien alpha cronbach sebasar 0,783 dalam kategori kaut. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat ketercapaian standar kompetensi mahasiswa KKN-PPL, ditinjau dari standar kompetensi: memiliki kemampuan mengelola (managerial) program kegiatan tercapai 80,04% (tinggi); memiliki kepribadian (personality) sebagai guru tercapai 79,95% (tinggi); menguasai bidang studi tercapai 78,63% (tinggi); menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik tercapai 74,11% (tinggi); memahami karakteristik peserta didik tercapai 72,12% (tinggi); memiliki potensi life skill tercapai 69,62% (tinggi); memahami dinamika kehidupan sekolah (lembaga) tercapai 68,35% (tinggi); memiliki kemampuan pemberdayaan sekolah tercapai 55,24% (cukup). Faktor pendukungnya adalah mahasiswa sudah mempersiapkan materi bahan ajar, dan faktor penghambatnya adalah belum banyak metode pembelajaran yang dikuasai mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item