LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERMIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Amin, Ghoffar (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERMIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
GHOFFAR AMIN_PENDIDIKAN GEOGRAFI_14405241053.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang professional. Pelaksanaan PLT diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PLT, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. PLT Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT terdiri dari 28 mahasiswa dari berbagai jurusan. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimualai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah- langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Lapangan Terbimbing. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PLT tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PLT didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan- masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Geografi, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2019 00:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62338

Actions (login required)

View Item View Item