MINAT MELANJUTKAN KE SMK BAGI SISWA SMP DI KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO

Wijayadi, Bagus Febriyanto (2010) MINAT MELANJUTKAN KE SMK BAGI SISWA SMP DI KECAMATAN WERU, KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAGUS_FEBRIYANTO_W..pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat melanjutkan ke SMK bagi siswa kelas IX SMP di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo dan mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang memepengaruhi minat dengan minat melanjutkan ke SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa mengontrol faktor-faktor yang turut mempengaruhinya dengan menggunakan angka-angka yang diperkuat data informasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX di SMP kecamatan Weru, Sukoharjo dengan sampel sebanyak 206 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas konstruksi yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada para ahli. Uji realiabilitas instrumen dihitung dengan cara konsistensi internal menggunakan formula Alpha. Besarnya minat dianalisa dengan metode deskriptif prosentase dan hubungan antara faktor-faktor yang memepengaruhi minat dengan minat melanjutkan ke SMK diuji dengan kolerasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat melanjutkan ke SMK bagi siswa SMP di kecamatan Weru, Sukoharjo termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata prosentase skor sebesar 71,157%. Minat melanjutkan ke SMK bagi siswa SMP di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo didukung oleh faktor dalam diri sendiri, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. Hubungan antara faktor dalam diri sendiri, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah dengan minat melanjutkan ke SMK adalah sangat kuat. Dengan nilai korelasi 0,942 untuk faktor dalam diri sendiri, 0,937 untuk faktor lingkungan keluarga, dan 0,942 untuk faktor lingkungan sekolah. Besarnya pengaruh faktor dalam diri sendiri, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat milanjutkan ke SMK secara bersama-sama (r square) adalah sebesar 100%. Jadi faktor-faktor tersebut berpengaruh penuh terhadap minat melanjutkan ke SMK dan tidak ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item