LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Pratama, Irvan Aria (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16503247003 - Irvan Aria Pratama.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu agenda yang rutin dilaksanakan UNY setiap tahunnya. PLT merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan SMK. Kegiatan PLT bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Mahasiswa praktikan harus mengetahui proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PLT dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PLT, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk kelas XI SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran scientific. Implementasi pendekatan ini meliputi tahap menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan mencoba. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pembelajaran Pemesinan Frais menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning yang berbasis pada teori belajar kognitif dan praktik. Metode yang sering digunakan adalah teori praktik di bengkel. Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa penyesuaian. Dalam pembelajaran Pemesinan Frais hasil yang dicapai dari penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning dengan metode demonstrasi adalah daya serap siswa ratarata XI TP (B) adalah 76%

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendidik, professional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62314

Actions (login required)

View Item View Item