LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Humam, Anggraito (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16503247002 - Anggraito Humam.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah pelaksanaan PLT (Praktik Lapangan Termbimbing) secara terpadu. PLT bermisi pada pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Praktik Lapangan Termbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Negeri 2 Depok yang terletak di Kabupaten Sleman.Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik profesional. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik.Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2017 diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan. Adapun Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 14 kali. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas XI TP A. Hasil dari pelaksanaan PLT selama dua bulan di SMK Negeri 2 Depok ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Teknik Mesin yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62312

Actions (login required)

View Item View Item