LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Alfriansyah, Muhammad (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16503247001 - Muhammad Alfriansyah.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah pelaksanaan PLT (Praktik Lapangan Termbimbing) secara terpadu. PLT bermisi pada pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. PraktikLapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan/sekolah.Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah.Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan.Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mempersiapkan calon-calon tenaga pengajar yang profesional dan berkualitas dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan PLTdilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok, adapun kegiatan PLT meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 15 September 2017 sampai 15November 2017. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 32 kali. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas XI TP A, XI.TPB, XI. TPM. Hasil dari pelaksanaan PLT selama dua bulandi SMK Negeri 2 Depok ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Teknik Mesin yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62310

Actions (login required)

View Item View Item