LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 2 SLEMAN

Pradana, Melly Avianti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241059_MELLY AVIANTI PRADANA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan kegiatan praktik perkuliahan langsung di lapangan. Praktik Lapangan Terbimbing bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan calon tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara professional. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 2 Sleman yang beralamat di dusun Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta. Kegiatan PLT diawali dengan observasi mengenai kondisi sekolah dan kelas. PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan mengikuti kurikulum yang sudah ditetapkan sekolah. Kegiatan mengajar dilaksanakan diawali dengan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru mata pelajaran ekonomi sebagai guru pembimbing. Pelaksanaan PLT dilaksanakan pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 dan X IIS 2 sebanyak 11 kali pertemuan untuk masing-masing kelas. Bab yang diajarkan yaitu mengenai Peran Pelaku Ekonomi. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket among siswa, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama dua bulan di SMA N 2 Sleman ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 2 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62307

Actions (login required)

View Item View Item