PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OSILOSKOP UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 JETIS

Wihono, Aryo Murti (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OSILOSKOP UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 JETIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARYO_MURTI_WIHONO.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang melibatkan beberapa komponen dan perangkat yang menyertainya. Pada penelitian ini penulis mengembangakan media pembelajaran interaktif osiloskop karena proses belajar mengajar untuk mata pelajaran fisika sebagian penerapannya masih sangat konvensional khususnya pada alat ukur osiloskop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Osiloskop dalam bentuk visual menggunakan Macromedia Flash 8 yang dilengkapi dengan animasi materi sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya SMA Negeri 1 Jetis. Perancangan media melalui beberapa tahap, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) implementasi, (4) pengujian. Obyek dari penelitian ini adalah Pengembangan media pembelajaran Osiloskop untuk mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Jetis dilihat dari segi kesesuaian dan penggunaan media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket terbuka yang disertakan kolom saran di bagian belakang. Media direvisi berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. Pengujian penggunaan program dilakukan dengan memberikan pretest dan post-test kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran divisualisasikan dengan animasi sehingga dapat memberikan gambaran dan imajenasi siswa dalam mempelajari Osiloskop. Validasi kesesuaian program oleh ahli media diperoleh nilai 79,69% dengan kategori baik, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai 90,63% dengan kategori sangat baik dan pengujian program kepada siswa memperoleh nilai 79,61% dengan kategori baik. Berdasarkan keseluruhan data pengujian dari ahli media, ahli materi dan siswa menunjukan tingkat kesesuaian media pembelajaran interaktif osiloskop ini sebesar 83,31% yang termasuk dalam kategori Baik. Hasil uji penggunaan kepada 30 siswa dengan rerata nilai hasil pre-test sebesar 41,07 dan rerata nilai hasil post-test sebesar 88,03. Kata kunci : Media Pembelajaran, Interaktif, Osiloskop, CRO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:23
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item