LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Lestari, Nawinda Jati (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NAWINDA JATI LESTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu Universitas dengan latar belakang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik, teori, praktik maupun Lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses Belajar Mengajar. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus, untuk kemudian berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran di lokasi PLT. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diantaranya untuk melatih para mahasiswa calon guru untuk dapat belajar menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilakukan di SMK KARYA RINI KOWANI YOGYAKARTA meliputi kegiatan pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar mengajar di dalam kelas. Sementara kegiatan praktik disekolah bertujuan agar mahasiswa mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan lain di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 9 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran. Siswa juga berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan materi pembelajaran, mampu melakukan kegiatan diskusi dengan aktif. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, saling menghargai, melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi. Secara keseluruhan hasil program kerja Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapannya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri dalam masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62269

Actions (login required)

View Item View Item