LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMAN 2 SLEMAN

Widiastuti, Vany (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMAN 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14303241023_VANY WIDIASTUTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PLT merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan dengan bimbingan guru mata pelajaran di sekolah. Salah satu tempat yang menjadi lokasi Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah SMA Negeri 2 Sleman yang beralamat di dusun Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan Persiapan mengajar meliputi penyusunan Program Tahunan, Program Semester serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan perangkat pembelajaran lainya. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi perangkat pembelajaran kepada Guru Pembimbing lapangan terlebih dahulu. Kegiatan mengajar dilaksanakan pada mata pelajaran kimia kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Evaluasi hasil mengajar dilakukan oleh mahasiswa bersama rekan mahasiswa lain maupun dengan guru pembimbing lapangan yang bersangkutan. Selain kegiatan belajar- mengajar, mahasiswa juga berpartisipasi dalam kegiatan sekolah antara lain menjaga ruang piket, inventarisasi laboratorium kimia, ikut serta dalam kegiatan Penilaian Tengah Semester dan kegiatan lain. Terdapat beberapa kendala yang muncul selama pelaksanaan PLT dapat teratasi dengan baik dengan bimbingan dari guru dan dosen pembimbing maupun kerjasama yang baik antar mahasiswa PLT. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapatkan manfaat berupa penerapan ilmu kimia maupun ilmu pendidikan yang telah dipelajari selama kuliah. Selain itu, mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62251

Actions (login required)

View Item View Item