LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Hidayah, Ahmad (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AHMAD HIDAYAH_PEND SOSIOLOGI_14413244001.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2016 di SMA Negeri 5 Yogyakarta merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh 29 Mahasiswa yang berasal dari 13 Jurusan. Pada dasarnya kegiatan PLT merupakan latihan kependidikan yang wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. Kegiatan ini dilaksankan dengan melalui beberapa tahap seperti observasi pra PLT yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar. Setelah melakukan observasi, mahasiswa melakukan praktik mengajar kelas X IPS 2 untuk mata pelajaran sosiologi yang setiap minggunya terdiri dari 3 jam pelajaran. Dalam praktik mengajar, mahasiswa menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan, problem based learning dan masih banyak lagi. Materi yang digunakan selama parktik mengajar adalah interaksi sosial, nilai dan norma sosial dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung, konsultasi dengan dosen pembimbing dan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Setelah selesai mengajar di kelas, dilakukan juga evaluasi bersama guru pembimbing agar praktik yang dilakukan selanjutnya berjalan lebih baik. Seluruh kegiatan PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancer. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Walaupun terdapat sedikit kendala selama prosesnya, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan Sosiologi, SMA Negeri 5 Yogyakarta,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62247

Actions (login required)

View Item View Item