PENGARUH VARIASI FREKUENSI BUNYI “GARENGPUNG” (DUNDUBIA MANIFERA) TERHADAP LUASAN BUKAAN STOMATA PADA TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DENGAN PERHITUNGAN ELIPTIS

Widiastuti, Widiastuti and Kadarisman, Nur (2018) PENGARUH VARIASI FREKUENSI BUNYI “GARENGPUNG” (DUNDUBIA MANIFERA) TERHADAP LUASAN BUKAAN STOMATA PADA TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DENGAN PERHITUNGAN ELIPTIS. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
9b. SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan bunyi suara “garengpung” terhadap hasil luasan bukaan stomata pada tanaman jagung sebelum, saat, dan sesudah diberi paparan bunyi pada variasi frekuensi 3000 Hz, 3500 Hz, 4000 Hz, 4500 Hz, dan 5000 Hz dengan perhitungan eliptis, dan mengetahui peak frekuensi yang mampu mempengaruhi stomata untuk membuka paling besar pada tanaman jagung. Penelitian ini menggunakan warna bunyi serangga “garengpung” (Dundubia manifera) dengan variasi frekuensi antara 3000 Hz, 3500 Hz, 4000 Hz, 4500 Hz, dan 5000 Hz yang telah termanipulasi menjadi peak frekuensi serta di validasi menggunakan Octave 4.21. Eksperimen ini menggunakan 1 lahan untuk tanaman kontrol dan tanaman yang diberi paparan bunyi. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali, yaitu 15 menit sebelum diberi paparan bunyi, saat diberi paparan bunyi selama 30 menit, dan 15 menit setelah diberi paparan bunyi. Luasan bukaan stomata diamati menggunakan Mikroskop Cahaya dengan melihat hasil keluarannya menggunakan program NIS Elements Viewer, dan untuk mengukur panjang dan lebar bukaan stomata menggunakan Image Raster 3.0 serta luas bukaan stomata dihitung menggunakan persamaan eliptis. Penelitian ini menunjukkan bahwa luasan bukaan stomata saat diberi paparan bunyi lebih besar dibandingkan tanpa paparan bunyi. Hal ini menunjukkan bahwa paparan bunyi dapat merangsang stomata pada daun tanaman jagung membuka lebih besar dibandingkan dengan tanaman tanpa paparan bunyi. Hasil luasan bukaan stomata yang paling besar pada frekuensi 3000 Hz sebesar (93,7 ± 12) μm², sehingga pada frekuensi tersebut sangat baik digunakan dalam pemaparan bunyi terhadap tanaman jagung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peak frekuensi, luas bukaan stomata, eliptis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62236

Actions (login required)

View Item View Item