PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN PADA MATERI HUKUM NEWTON

Martho, Martho and Suparwoto, Suparwoto (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN PADA MATERI HUKUM NEWTON. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MARTHO_12302249003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Cangkringan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) tes hasil belajar, 2) lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik, 3) wawancara peserta didik, dan 4) catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari analisis hasi belajar peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar rata-rata peserta didik mencapai 71% pada siklus 1 sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan secara signifikan yaitu mencapai 89% dengan indeks gain mencapai 0,98 dan pada keterampilan proses sains peserta didik terdapat 9 indikator, dari masing-masing indikator terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan hasil rata-rata keseluruhan indikator siklus 1 mencapai 7,19% sedangkan siklus 2 mencapai 8,25% dengan indeks gain 0,46. Berdasarkan analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Cangkringan pada materi hukum Newton.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, hasil belajar, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:39
Last Modified: 30 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62234

Actions (login required)

View Item View Item