Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta.

Nurwidayanti, Dewi (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-nurwidayanti-13705251053.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar ekonomi pada siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan media konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar ekonomi pada siswa yang menggunakan media power point dengan media konvensional pada kelompok siswa dengan gaya belajar visual, (3) Perbedaan hasil belajar ekonomi pada siswa yang menggunakan media power point dengan media konvensional pada kelompok siswa dengan gaya belajar auditorial, dan (4) Interaksi antara media dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Penelitian dilakukan di SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 9 Yogyakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di kota Yogyakarta. Sampel penelitian adalah SMA Negeri 4 Yogyakarta dan SMA 9 Yogyakarta yang diperoleh dengan tehnik simple random sampling. Untuk mendapatkan kelas penelitian digunakan tehnik area random sampling dan diperoleh 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 83 terdiri dari 1 kelas pada SMA 4 Yogyakarta dan 1 kelas pada SMA 9 Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes untuk hasil belajar dan kuesioner untuk gaya belajar. Validasi instrumen menggunakan validitas logis dan validitas empiris, sedangkan reliabilitas menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point dan media konvensional dimana rerata hasil belajar dengan media power point (83,87) lebih tinggi dibanding menggunakan media konvensional (76,51). (2) Pada kelompok gaya belajar visual terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point dan media konvensional dimana rerata hasil belajar dengan media power point (86,42) lebih tinggi dibanding menggunakan media konvensional (68,69). (3) Pada kelompok gaya belajar auditorial terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point dan media konvensional dimana rerata hasil belajar dengan media power point (81,05) lebih rendah dibanding menggunakan media konvensional (88,50). (4) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi (p=0,000<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar ekonomi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Dec 2018 01:46
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62230

Actions (login required)

View Item View Item