LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 SLEMAN

Setiono, Isnaini Agus (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14302241036_ISNAINI AGUS SETIONO.pdf

Download (53MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PLT memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Kegiatan PLT bertujuan agar mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester gasal tahun 2017 berlokasi di SMA Negeri 2 Sleman yang terletak di Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Program PLT di SMA Negeri 2 Sleman dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Serangkaian kegiatan selama PLT memperoleh bimbingan dari guru pembimbing lapangan. Penyusun telah melakukan kegiatan pembelajaran sebanyak 13 kali pertemuan di kelas XI MIA 1 dan 15 kali pertemuan di kelas XI MIA 2. Penyusun juga telah menggantikan guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di kelas sebanyak lima kali pertemuan di kelas X IIS 2, lima kali pertemuan di kelas X MIA 1, satu kali pertemuan di kelas X MIA 2, 10 kali pertemuan di kelas XII IPA 1, dan tiga kali pertemuan di kelas XII IPA 2. Materi yang diajarkan untuk kelas XI yakni fluida statis, fluida dinamis, suhu dan kalor, serta teori kinetik gas. Berbagai metode dan media pembelajaran telah digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata yang berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Beberapa kendala dijumpai selama praktik mengajar, namun demikian semua kendala tersebut telah diatasi dengan baik. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan lancar. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 2 Sleman, Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62228

Actions (login required)

View Item View Item