PENGEMBANGAN TRAINER KOMUNIKASI DATA PARALEL BERBASIS UNIVERSAL SERIAL BUS (USB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Nur Huda, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN TRAINER KOMUNIKASI DATA PARALEL BERBASIS UNIVERSAL SERIAL BUS (USB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_12501241040_MUHAMMAD NUR HUDA rev2.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui rancangan trainer komunikasi data paralel berbasis USB sebagai media pembelajaran komunikasi data dan interface di SMK Muhammadiyah Prambanan; (2) Mengetahui unjuk kerja trainer komunikasi data paralel berbasis USB sebagai media pembelajaran komunikasi data dan interface di SMK Muhammadiyah Prambanan; (3) Mengetahui tingkat kelayakan trainer komunikasi data paralel berbasis USB sebagai media pembelajaran komunikasi data dan interface di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Robert Maribe Branch (2009). Model pengembangan ini terdiri atas lima tahap pengembangan, yaitu (1) Analyze; (2) Design; (3) Develop; (4) Implement; (5) Evaluate. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi dan 16 siswa XI TEI SMK Muhammadiyah Prambanan sebagai pengguna. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Rancangan media pembelajaran trainer komunikasi data paralel berbasis USB yang dihasilkan terdiri atas modul utama USB to Paralel, modul input, modul output LED, modul seven segment, modul relay dan komponen pelengkap trainer; (2) Unjuk kerja media pembelajaran trainer komunikasi data paralel berbasis USB dapat dipergunakan untuk tiga operasi kendali yaitu operasi kendali dasar input/ output, operasi kendali seven segment dan operasi kendali relay yang dapat bekerja dengan baik sesuai uji fungsionalitas; (3) Berdasarkan penilaian dari ahli media, kelayakan trainer komunikasi data paralel berbasis USB mendapat rerata sebesar 94,5 dari skor maksimum 116 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, kelayakan trainer komunikasi data paralel berbasis USB mendapat rerata sebesar 95,5 dari skor maksimum 108 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian dari pengguna/ siswa, kelayakan trainer komunikasi data paralel berbasis USB mendapat rerata sebesar 75,19 dari skor maksimum 100 yang termasuk dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, trainer, komunikasi data paralel berbasis USB
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62225

Actions (login required)

View Item View Item