KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP KEINGINAN SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam)

Fikri, Muammar (2013) KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP KEINGINAN SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Muammar Fikri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat pendidikan orangtua siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun pelajaran 2012/2013, (2) mengetahui keinginan siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun pelajaran 2012/2013 untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (3) hubungan antara pendidikan orangtua dengan keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun pelajaran 2012/2013, dan (4) mengetahui besarnya kontribusi pendidikan orangtua terhadap keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan jenis regresional. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Salam Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah sebanyak 112 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah tingkat pendidikan orangtua, sedangkan variabel terikat penelitian adalah keinginan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan uji determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua laki-laki siswa memiliki latar belakang pendidikan SMA/sederajat dengan jumlah sebanyak 41 orang (36,6%), sedangkan orang tua perempuan siswa mayoritas berlatar belakang pendidikan SD/sederajat dengan jumlah sebanyak 44 orang (39,3%). Mayoritas siswa memiliki keinginan yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah sebanyak 37 orang (33%). Analisis korelasi menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,193. Artinya, ada hubungan yang positif dalam kategori sangat lemah antara pendidikan orangtua dengan keinginan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,065 > 1,982, dan nilai signifikansi 0,041 < 0,05. Pengujian ini menunjukkan bahwa bahwa hipotesis penelitian diterima. Besarnya kontribusi langsung dari tingkat pendidikan orang tua terhadap keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah sebesar 3,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan orangtua, keinginan siswa melanjutkan pendidikan, perguruan tinggi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62218

Actions (login required)

View Item View Item