PENINGKATAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI BLIGO 2 MAGELANG

Pangestu, Ridik (2018) PENINGKATAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI BLIGO 2 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ridik Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II SD Negeri Bligo 2 Magelang. Penelitian juga bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II SD Negeri Bligo 2 dengan menggunakan media gambar berseri. Proses penggunaan media gambar berseri antara lain dengan pengamatan terhadap media gambar berseri, menyimak dan membaca paragraf, bertanya jawab mengenai kosakata yang sulit dan mengarahkan perhatian terhadap pembelajaran membaca. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Bligo 2 Magelang. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menggunakan gambar berseri dapat memicu keingintahuan siswa dari makna bacaan berbantuan gambar berseri yang tersedia sehingga meningkatkan minat siswa pada kegiatan membaca selama pembelajaran berlangsung. Penggunaan media gambar berseri pada penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketertarikan siswa untuk membaca melalui pemaknaan bacaan dibantu gambar berseri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa kelas II SD Negeri Bligo 2 Magelang dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar berseri. Peningkatan ini dapat dilihat dari persentase minat membaca minimal pada pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan, persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 0%. Pada siklus I peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 47,62%. Pada siklus II peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki minat membaca minimal sudah mencapai predikat baik sebesar 80,95% atau telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan pada penelitian ini. Kata kunci : minat membaca, gambar berseri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62217

Actions (login required)

View Item View Item