EMPLOYABILITY SKILLS PADA SISWA (Studi Pengaruh Lingkungan Belajar, Sistem Pembelajaran dan Motivasi Belajar di SMK Negeri Kota Palu).

Gemal, Marlan (2018) EMPLOYABILITY SKILLS PADA SISWA (Studi Pengaruh Lingkungan Belajar, Sistem Pembelajaran dan Motivasi Belajar di SMK Negeri Kota Palu). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marlan-gemal-16702251037.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti-bukti empirik serta model hubungan struktural lingkungan belajar, sistem pembelajaran, dan motivasi belajar terhadap employability skills pada siswa SMK di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik path analysis. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XII SMK Negeri Di Kota Palu Tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian berjumlah 145 siswa pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dipilih secara proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian pada model struktural menemukan bahwa (1) Lingkungan belajar memiliki pengaruh langsung dengan arah positif dan signifikan sebesar 0,38, terhadap employability skills; (2) Sistem pembelajaran memiliki pengaruh langsung dengan arah positif dan signifikan sebesar 0,36, terhadap employability skills; (3) Motivasi belajar memiliki pengaruh langsung dengan arah positif namun tidak signifikan sebesar 0.10, terhadap employability skills; (4) Lingkungan belajar memiliki pengaruh langsung dengan arah positif dan signifikan sebesar 0,25, terhadap motivasi belajar; (5) Sistem pembelajaran memiliki pengaruh langsung dengan arah positif namun tidak signifikan sebesar 0,09, terhadap motivasi belajar; (6) Lingkungan belajar tidak dapat menunjukkan pengaruh tidak langsung secara positif dengan nilai data empiris yang tidak signifikan sebesar 0,02, terhadap employability skills melalui variabel motivasi belajar; (7) Sistem pembelajaran tidak dapat menunjukkan pengaruh tidak langsung secara positif dengan nilai data empiris yang tidak signifikan sebesar 0,01, terhadap variabel employability skills melalui motivasi belajar. Peningkatan employability skills siswa dapat dilakukan melalui pengembangan lingkungan yang baik, sistem pembelajaran yang tepat dan dorongan motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: employability skills, lingkungan belajar, sistem pembelajaran, motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Dec 2018 03:08
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62212

Actions (login required)

View Item View Item