Pengembangan Pembelajaran Fisika Multi Representasi dalam Android untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ilmiah dan Pemahaman Fisis Alat Optik Peserta Didik SMA.

Nanda, Oktama Azarya (2018) Pengembangan Pembelajaran Fisika Multi Representasi dalam Android untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ilmiah dan Pemahaman Fisis Alat Optik Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-oktama-azarya-nanda-16726251001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran fisika multi representasi dalam android yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menggambar ilmiah dan pemahaman fisis alat optik peserta didik SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perancangan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi, (5) revisi validasi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi uji coba terbatas, (8) Uji coba lapangan utama, (9) revisi uji coba lapangan utama dan (10) Desiminasi. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 30 peserta didik kelas XII. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 60 peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sendawar. Pengumpulan data menggunakan soal menggambar ilmiah, soal pemahaman fisis serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika multi representasi Yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKPD, aplikasi, soal menggambar ilmiah dan soal pemahaman fisis alat optik, yang menurut para ahli dan praktisi, layak digunakan dengan kategori “Sangat Baik”. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik dan sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaan. Hasil uji Anava Mixed Design menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut mempengaruhi peningkatan kemampuan menggambar ilmiah dan pemahaman fisis alat optik peserta didi SMA dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Alat optik, android, fisika, kemampuan menggambar ilmiah, pemahaman fisis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:13
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62209

Actions (login required)

View Item View Item