PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER) STUDI KASUS APLIKASI SORTING MACHINE PADA MATA KULIAH PLC DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Lukito, Eko Saputro (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER) STUDI KASUS APLIKASI SORTING MACHINE PADA MATA KULIAH PLC DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14502244009.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak industri yang menggunakan teknologi kontrol yang canggih seperti Programmable Logic Controller (PLC). Mata kuliah Praktik PLC di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta memerlukan media pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman dalam mengoperasikan sebuah kontrol industri secara real. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan prosedur pengembangan meliputi: (1) potensi dan masalah pembelajaran, (2) pengumpulan data, (3) desain produk sorting machine, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian terhadap expert judgement dan pengguna, dan (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah PLC. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran PLC yang sudah teruji kinerja dan kelayakannya di mata kuliah praktik PLC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran PLC terdiri dari lima blok input dan output yaitu push button, PLC, sensor, konveyor, dan lampu indikator serta dilengkapi dengan jobsheet dan manual book. (2) unjuk kerja dari media pembelajaran PLC berfungsi dengan baik pada setiap blok maupun secara keseluruhan. (3) tingkat kelayakan media pembelajaran memperoleh presentase 90,6%, tingkat kelayakan materi memperoleh presentase sebesar 88,2%, sedangkan tingkat kelayakan menurut pengguna mendapatkan presentase 83,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PLC sangat layak digunakan pada mata kuliah praktik PLC.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PLC, Media Pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62196

Actions (login required)

View Item View Item