TRAINER IOT BERBASIS ESP8266 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DAN INTERFACE DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNY

Artanto, Herjuna (2018) TRAINER IOT BERBASIS ESP8266 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DAN INTERFACE DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14502241021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep media pembelajaran yang tepat untuk mata kuliah Komunikasi Data dan Interface, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran Trainer IoT berbasis ESP8266, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer IoT berbasis ESP8266. Penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan prosedur pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Tahapan ADDIE yang dilaksanakan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Langkah awal pengembangan meliputi analisis kebutuhan dan pendesainan media pembelajaran. Setelah media pembelajaran selesai dikembangkan maka dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Pengujian terhadap mahasiswa sebagai pengguna dilakukan oleh 36 mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Informatika semester 3 kelas Komunikasi Data dan Interface. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran Trainer IoT berbasis ESP8266 yang tersusun dari Trainer IoT dan modul praktikum. Unjuk kerja media pembelajaran bekerja dengan baik menghasilkan error 0,1%. Persentase kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan 85,83%, oleh ahli media mendapatkan 87,5%, dan oleh mahasiswa mendapatkan 84,25%. Berdasarkan ketiga persentase tersebut, maka media pembelajaran Trainer IoT berbasis ESP8266 termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah Komunikasi Data dan Interface.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IoT, ESP8266, ADDIE, Komunikasi Data dan Interface
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:13
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62195

Actions (login required)

View Item View Item