Relevansi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Di SMK Dengan Tuntutan Dunia Kerja Di Kota Makassar.

Fakhrunnisaa, Nur (2018) Relevansi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Di SMK Dengan Tuntutan Dunia Kerja Di Kota Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-fakhrunnisaa-1670225016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan (1) tingkat kebutuhan kompetensi dunia kerja berdasarkan dokumen kurikulum 2013 sebelum dan sesudah revisi; (2) tingkat relevansi kompetensi dasar pada mata pelajaran kompetensi keahlian (C3) dalam struktur kurikulum 2013 sebelum revisi pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK terhadap kompetensi kebutuhan dunia kerja di Kota Makassar; (3) tingkat relevansi kompetensi soft skill yang diajarkan kepada siswa SMK dan menjadi kebutuhan dunia kerja; (4) tingkat pencapaian hard skill siswa SMK pada mata pelajaran kompetensi keahlian (C3) kurikulum 2013 sebelum revisi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dengan subyek penelitian SMK Rujukan di Kota Makassar yang memiliki program keahlian teknik komputer dan jaringan, dan dunia kerja yang bergerak dibidang teknik komputer informatika dan telekomunikasi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru produktif SMK rujukan di kota Makassar yang memiliki kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan, siswa kelas IX SMK dan dunia kerja bidang teknik komputer, informatika dan telekomunikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala bertingkat. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kebutuhan kompetensi berdasarkan kurikulum 2013 sebelum dan sesudah revisi pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan sebesar 67.46% dan 32.09%; (2) tingkat relevansi kompetensi dasar pada mata pelajaran kompetensi keahlian (C3) dalam struktur kurikulum 2013 sebelum revisi di SMK terhadap kompetensi kebutuhan dunia kerja, pada program keahlian teknik komputer dan jaringan dengan tingkat relevansi sebesar 60.82% termasuk dalam kategori relevan,; (3) tingkat relevansi kompetensi soft skill yang diajarkan kepada siswa SMK dan menjadi kebutuhan dunia kerja berdasarkan istrumen yang digunakan berada pada tingkat relevansi 100% termasuk dalam kategori sangat relevan; (4) kompetensi hard skill dilihat dari hasil belajar siswa kelas IX TKJ, pada aspek pengetahuan berada pada kategori kompeten dan sangat kompeten, aspek keterampilan pada kategori kompeten dan sangat kompeten, aspek sikap berada pada kategori baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dunia kerja, hard skill, relevansi, SMK, soft skill, tingkat kebutuhan dunia kerja, tkj.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2018 03:57
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62192

Actions (login required)

View Item View Item