Pengembangan E-Modul Project Based Learning untuk Peningkatan Proses Belajar Aktif Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan.

Ningtyas, Reny Kartika (2018) Pengembangan E-Modul Project Based Learning untuk Peningkatan Proses Belajar Aktif Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widya nanda-14702251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui kelayakan e-modul project based learning yang diterapkan pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar; (2) mengetahui kualitas e-modul project based learning sebagai sarana alternatif media pembelajaran; (3) mengetahui keefektifan e-modul project based learning terhadap proses belajar peserta didik. Penelitian merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi model pengembangan 5 tahap Branch yaitu model ADDIE dan dikombinasi dengan model Waterfall dari Pressman untuk pengembangan perangkat lunak. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Japara. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket kuisioner. Uji validasi dan kelayakan e-modul project based learning diketahui berdasaran penilaian ahli desain, ahli materi, dan guru. Sedangkan evaluasi keefektifan e-modul project based learning diketahui melalui respon peserta didik. Hasil Penelitian diketahui bahwa: (1) uji validasi instrumen ahli desain dan materi mendapatkan kesahihan dalam rentang indeks 0,4 < V ≤ 0,8 yang dikategorikan sebagi valid; (2) uji kelayakan e-modul project based learning didapatkan penilaian ahli desain sebesar 126 pada pada interval 106,00 – 136,00 yang dikategorikan baik, sedangkan penilaian ahli materi sebesar 212,67 pada interval 196,00 – 240,00 yang dikategorikan sangat baik; (3) penilaian keefektifan e-modul project based learning didapatkan dari respon peserta didik melalui lembar kuisioner dengan rata-rata 4,01 mempunyai persentase 80,29% pada rentang indeks 72% N < 85% yang dikategorikan tinggi. Selain itu peserta didik memberikan penilaian yang positif untuk kualitas e-modul project based learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Project Based Learning, Pemrograman Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:27
Last Modified: 18 Aug 2022 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62187

Actions (login required)

View Item View Item