PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL JENIS VIDEO BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI PENGGUNAAN SPECIAL SERVICE TOOLS TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MA’ARIF 1 WATES

Purnomo, Dimas Arif (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL JENIS VIDEO BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI PENGGUNAAN SPECIAL SERVICE TOOLS TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
11504241033.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran audio visual jenis video berbasis adobe flash pada kompetensi penggunaan special service tools teknik sepeda motor di SMK Ma’arif 1 Wates, (2) mengetahui kelayakan media media pembelajaran audio visual jenis video berbasis adobe flash pada kompetensi penggunaan special service tools teknik sepeda motor di SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan ( Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian ini yaitu: (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji lapangan skala besar dan produk akhir. Analisis data pengembangan produk berupa saran dan kritik ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Data kelayakan produk berupa data kuantitatif yang dikonversikan menjadi data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) media pembelajaran special service tools yang berisi 2 media file (.swf), 1 application (.exe), 1 text document (.txt.), 5 Media file (.mp4) dan 1 file folder (.app) dengan besar data keseluruhan 1,54 GB. Media pembelajaran ini compatible dengan berbagai Operating Sistem seperti (Windows Xp, Windows 7, Windows 8 dan MacOS). (2) hasil kelayakan media pembelajaran audio visual jenis video berbasis a d o b e fla s h pada kompetensi penggunaan special service tools sebagai berikut: penilaian dari (a) Ahli Media, mendapatkan rerata skor keselutuhan 3,32 dengan kategori Layak. (b) Ahli Materi, mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,46 dengan kategori Sangat Layak, (c) Guru kompetensi keahlian teknik sepeda motor mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,17 dengan kategori Layak. (d) Uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,37 dengan kategori layak. (e) Uji coba lapangan skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,16 dengan kategori Layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran audio visual jenis video berbasis adobe flash pada kompetensi penggunaan special service tools teknik sepeda motor dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, video pembelajaran, special service tools
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62185

Actions (login required)

View Item View Item