PERANAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Syamsudin, Rudi Nur (2016) PERANAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
12505244017.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, persepsi siswa tentang kinerja guru, dan prestasi belajar siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) mengetahui peranan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, (3) mengetahui peranan persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar, (4) mengetahui peranan keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan persepsi siswa tentang kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler (X1) dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru (X2) sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian sebanyak 39 siswa dan sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik parametris. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak diikuti oleh siswa yaitu Hisbul Wathan (HW) atau kepramukaan dan tapak suci dengan rerata 38,56 termasuk kategori cukup. Persepsi siswa tentang kinerja guru dengan rerata 51,46 termasuk kategori cukup. Untuk prestasi belajar diperoleh nilai rerata sebesar 2,95. (2) Keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berperan secara signifikan terhadap prestasi belajar berdasarkan harga thitung = 3,288 > ttabel = 2,0315 dengan taraf signifikansi 5%, dan peranannya sebesar 33,16%. (3) Persepsi siswa tentang kinerja guru tidak berperan secara signifikan terhadap prestasi belajar berdasarkan harga thitung = 0,296 < ttabel = 2,0315 dengan taraf signifikansi 5%, dan peranannya sebesar 0,84%. (4) Keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan persepsi siswa tentang kinerja guru secara bersama-sama berperan secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 8,484 > Ftabel = 3,29 dan sumbangan efektif keduanya sebesar 34%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Kinerja Guru, Prestasi Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62184

Actions (login required)

View Item View Item