Pengembangan Perangkat Pembelalaran Menggunakan Software Cabri 3D Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Problem Solving yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa SMP.

Daud, Daud (2018) Pengembangan Perangkat Pembelalaran Menggunakan Software Cabri 3D Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Problem Solving yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-daud-14709251039.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan software Cabri 3D pada materi bangun ruang sisi datar dengan metode problem solving yang berorientasi kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar yang berkualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan. Tahap pertama yaitu analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa. Tahap kedua yaitu desain yang terdiri dari desain perangkat yang akan dikembangkan. Tahap ketiga yaitu pengembangan yang terdiri dari pembuatan perangkat yang akan dikembangkan dan proses validasi. Tahap keempat yaitu implementasi yang terdiri dari uji coba perangkat yang telah dikembangkan, dan tahap kelima yaitu evaluasi yang terdiri dari analisis data selama uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan software Cabri 3D dengan metode problem solving. Perangkat pembelajaran "valid" ketika hasil penilaian dai para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran "praktis" ketika hasil penilaian guru memenuhi kategori minimal baik dan hasil persentase penilaian siswa minimal mencapai 80%. Selain itu perangkat pembelaj aran dikatakan "praktis" ketika hasil persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuan minimal mencapai 75%. Perangkat pembelajaran "efektif' ketika persentase banyak siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar mencapai 80% dan persentase banyak siswa yang jumlah skor > 30 mencapai 80%. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan minimal mencapai kategori baik sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. Hasil kepraktisan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru, persentase penilaian siswa mencapai 84,4%, dan persentase lembar observ6si keterlaksanaan pembelajaran melebihi 75% yaitu 78,33%, sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan dan berpikir kritis. Persentase siswa yang tuntas tes prestasi belajar sebesar 87,5%, persentase siswa yang tuntas pada tes kemampuan berpikir kritis sebesar 8l,2%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, software Cabri 3D, metode problem solving, prestasi dan kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2018 01:46
Last Modified: 09 May 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62183

Actions (login required)

View Item View Item