PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA PADA SISWA KELAS X JURUSAN JASA BOGA SMK N 3 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Arini, Kustia (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA PADA SISWA KELAS X JURUSAN JASA BOGA SMK N 3 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14511241017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja pada ranah kognitif; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada ranah afektif; (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja pada ranah psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto, populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik SMK N 3 Purworejo kelas X Jurusan Jasa Boga. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, berdasarkan perhitungan jumlah sampel yang didapat sebanyak 88 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (skala Likert 4 alternatif jawaban), tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data satistik deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah kognitif pada kategori rendah yaitu sebesar 2,1%, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah afektif pada kategori rendah yaitu sebesar 8,3% dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah psikomotor pada kategori rendah yaitu sebesar 2,3%. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah kognitif berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukan dengan nilai thitung = 2,848 > ttabel = 1,987 dengan r = 0,145 korelasi sangat rendah, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah afektif berpengaruh positif dan signifikan ditunjukan dengan nilai thitung = 5,389 >ttabel =1,987 dengan r = 0,288 korelasi rendah, dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sanitasi hygiene dan keselamatan kerja ranah psikomotor berpengaruh positif dan signifikan ditunjukan dengan nilai thitung = 3,532 >ttabel =1,987 dengan r = 0,128 korelasi sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar ranah kognitif, hasil belajar ranah afektif, hasil belajar ranah psikomotor
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62174

Actions (login required)

View Item View Item