PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI KELAS III B SEKOLAH DASAR GUNUNG MULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Pratitis, Yosef Ivon Indra (2018) PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI KELAS III B SEKOLAH DASAR GUNUNG MULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yosef Ivon Indra Pratitis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman kedisiplinan belajar siswa di kelas III B Sekolah Dasar Gunung Mulyo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru sebagai informan kunci serta siswa, orang tua, dan kepala sekolah sebagai informan non kunci. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman kedisiplinan belajar siswa di kelas III B SD Gunung Mulyo menerapkan unsur-unsur kedisiplinan belajar yaitu peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Pembuatan peraturan kelas berdasarkan kesepakatan antara guru dan siswa serta persetujuan orang tua. Hukuman berupa peringatan lisan, tugas rumah, tindakan langsung, dan peringatan tertulis. Penghargaan yang diberikan berupa pujian dan nilai. Penerapan peraturan, hukuman, dan penghargaan sudah konsisten. Bentuk penanaman yang digunakan guru adalah disiplin demokratis. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar yaitu identifikasi perilaku siswa, pembuatan peraturan, menjelaskan peraturan yang telah dibuat, dan menerapkan peraturan. Guru melakukan pengawasan dan memberikan peringatan dalam penerapan peraturan. Upaya mengatasi permasalahan pelanggaran yang dilakukan guru yaitu upaya pencegahan, upaya penindakan, dan tindak lanjut. Upaya pencegahan berupa refleksi mingguan, pemberian teladan, atau pemberian penghargaan. Upaya penindakan berupa pemberian hukuman yang sifatnya mendidik. Tindak lanjut yang diberikan berupa nasehat dan bimbingan khusus. kata kunci: penanaman, kedisiplinan belajar siswa, sekolah dasar gunung mulyo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Dec 2018 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62167

Actions (login required)

View Item View Item