PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Tri Wira Saputra, Komang (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Komang Tria Wira Saputra_14812144019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (2) Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (3) Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (4)Kecerdasan Emosinal, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini bersifat dimana semua anggota populasi dalam penelitian ini digunakan sebagai responden. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang menunjukkan seluruh instrument valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 28,1%. (2) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 25,2%. (3) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahan Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 25,9% (4) Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 52,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Dec 2018 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

View Item View Item