PENGARUH LATIHAN HALF SQUAT-NAREYO CHAGI DAN PLYOMETRIC FRONT JUMP-NAREYO CHAGI TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI ATLET TAEKWONDO

Pamungkas, Ayuning Kusuma (2018) PENGARUH LATIHAN HALF SQUAT-NAREYO CHAGI DAN PLYOMETRIC FRONT JUMP-NAREYO CHAGI TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI ATLET TAEKWONDO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Power sangat penting bagi atlet taekwondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gabungan latihan half squat-nareyo chagi dan plyometric nareyo chagi terhadap peningkatan power tungkai atlet taekwondo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah anggota UKM taekwondo AMIKOM. Sampel diambil dengan menggunakan rumus Harman dan instrumen untuk mengukur power tungkai menggunakan vertical jump. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa data yang diperoleh setelah dilakukan analisis uji normalitas diperoleh p>0,05 (normal) dan homogen. Hasil posttest diuji menggunakan uji t test. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari half squat terhadap power otot tungkai anggota ukm taekwondo amikom yogyakarta, dengan nilai signifikan 0,000 (p< 0,000). (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari plometric front jump terhadap power otot tungkai anggota UKM Taekwondo AMIKOM Yogyakarta, dengan nilai signifikan 0,000 (p< 0,000). (3) berdasarkan statistik rata-rata (mean), power otot tungkai pada kelompok half squat lebih tinggi dari pada power otot tungkai pada kelompok plometric front jump. Dapat disimpulkan bahwa half squat lebih berpengaruh meningkatkan power otot tungkai dibanding plometric front jump.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Half Squat, Plyometrics Front Jump, Power, Otot Tungkai, Taekwondo, Vertical Jump.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Dec 2018 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62150

Actions (login required)

View Item View Item