PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEORI MESIN BUBUT BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

SIGIT , GUNAWAN (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEORI MESIN BUBUT BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEVELOPING INTERACTIVE LEARNING MEDIA THEORY LATHE BASED MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 AMONG THE STUDENTS OF XI CLASS SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Profesional 8, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif teori mesin bubut berbasis Macromedia Flash Professional 8. Metode penelitian dengan menggunakan gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan media ini terdiri dari enam tahap, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner/ angket. Responden adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan, SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Proses pembuatan media pembelajaran ini adalah: Studi Lapangan dan Literatur, Identifikasi Kebutuhan, Perumusan Tujuan, Perancangan Produk, Validasi Ahli Materi dan Media, Revisi 1, Tanggapan Terbatas, Revisi II, Tanggapan Luas, Revisi III. Hasilnya berupa media pembelajaran dengan enam (6) menu utama, yaitu: Pendahuluan, Cekam dan Alat Bantu, Hitung Teknis, Fungsi Mesin Bubut, Latihan Soal, dan Tentang Kami. Media dipublikasikan dalam CD dengan file sebesar 210 MB dan dikemas dalam hard case yang bertuliskan Nama Media, Sasaran Pengguna, Isi Media, System Requirements dan Petunjuk Instalasi. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan skor penilaian kualitas produk ditinjau dari aspek pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,35; aspek substansi materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,49; aspek tampilan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,28, aspek pemrograman dan komunikasi visual termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,30; Motivasi belajar termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,45. Secara keseluruhan prosentase penilaian kelayakan media tanggapan luas dibandingkan dengan skor ideal adalah 84,36% dan termasuk termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2012 08:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item