LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) TK KUSUMA 1 BERBAH

Badriyah, Hidayatul Nuril (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) TK KUSUMA 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PGPAUD-14111241023-HIDAYATUL NURIL BADRIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan Mata Kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa. Program PLT ini memiliki bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa prodi kependidikan di UNY. Program PLT adalah kegiatan yang bertujuan memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah/ lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Sebelum mahasiwa terjun di lapangan melalui PLT ini, mahasiswa mengikuti kuliah micro teaching terlebih dahulu, guna mempersiapkan diri. Kelulusan pada mata kuliah micro teaching menjadi tolak ukur diperbolehkannya mahasiswa mengikuti Praktek Lapangan Terbimbing. Mahasiswa melakukan Praktek Lapangan Terbimbing di lembaga pendidikan anak usia dini yang tersebar di wilayah Sleman. Pada kesempatan kali ini dilaksanakan di kecamatan Berbah, yaitu di TK Kusuma 1 Berbah. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berada di pedesaan, yaitu beralamatkan di dusun Bercak, Jogotirto, Berbah, Sleman. Sekolah tersebut terbagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelompok A dan B, dengan rincian kelompok A terbagi menjadi 2 kelas A1 dan A2 serta kelompok B juga terbagi menjadi 2 kelompok kelas yaitu B1 dan B2. Kegiatan belajar dan bermain dirancang oleh mahasiswa agar anak-anak tertarik dan senang mengikuti pembelajaran di kelas. Kegiatan yang menarik dirancang sesuai dengan karakteristik anak dan tahapan perkembangan anak. Selain itu kegiatan juga harus disesuaikan dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak menurut Permendikbud nomor 146 tahun 2014. Setelah rencana kegiatan sudah dibuat selanjutnya membuat media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran agar menarik anak usia dini namun tetap sesuai karakteritik anak. Kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan rencana pelaksanakan pembelajaran harian (RPPH) yang telah dibuat. Saat kegiatan pembelajaran, mahasiswa semaksimal mungkin menjadi guru kelas yang dapat menstimulasi seluruh aspek perkembangan meliputi aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, nilai agama dan moral, fisik motorik dan seni. Selama kegiatan pembelajaran mahasiswa juga dipantau oleh guru kelas setelah selesai pembelajaran guru memberikan masukan berupa kritik dan saran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, kegiatan pembelajaran, bermain, TK Kusuma 1 Berbah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2018 02:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62133

Actions (login required)

View Item View Item