LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK YPKK 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Kinanti, Shaka (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK YPKK 3 SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SHAKA KINANTI_14803244008.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing atau di singkat PLT merupakan salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana bagi calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan programstudinya. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembuatan RPP harus dilakukan agar kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan terarah dan terstruktur, supaya tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Jadwal praktikan mengajar dilaksanakan setiap hari Selasa dan hari Rabu. Untuk Hari Selasa waktunya 3 jam pelajaran, dari jam 07.00-09.15.W.I.B, dan untuk hari Rabu waktunya 2 jam pelajaran, dari jam 07.00-08.30. W.I.B. Materi yang saya ajarkan adalah Akuntansi Dasar yang meliputi: jurnal umum di perusahaan dagang, jurnal khusus di perusahaan dagang, dan membuat rekapitulasi lalu memposting ke buku besar. Untuk pembuatan RPP dilakukan dalam satu Minggu hanya satu kali, jadi hari Selasa dan rabu hanya membutuhkan 1 RPP. Untuk hari Selasa digunakan untuk menerangkan materi dan contoh soal, dan untuk hari Rabunya digunakan untuk latihan soal. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62122

Actions (login required)

View Item View Item