IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA

Yunaryo , Ardian (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ardian Yunaryo.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh Guru SD Masjid Syuhada’ Yogyakarta, yang meliputi : (1) Perencanaan pembelajaran berbasis KTSP, (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis KTSP, (3) Evaluasi pembelajaran oleh guru, (4) Hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan implementasi KTSP, (5) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam implementasi KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SD Masjid Syuhada’ Yogyakarta. Subyek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah dan Guru SD Masjid Syuhada’. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran belum berjalan dengan optimal ditinjau dari sisi penyusunan RPP yang masih belum tepat, RPP kadang disusun secara akumulasi dalam beberapa pertemuan sekaligus bahkan setelah pelaksanaan pembelajarannya berlangsung. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SD Masjid Syuhada’ juga belum berjalan dengan optimal ditinjau dari sisi jumlah peserta didik dalam 1 rombongan belajar yang melebihi standar maksimal, beban kerja guru yang terlalu banyak, dan sarana pendidikan yang masih belum mencukupi. (3) Evaluasi pembelajaran sudah berjalan optimal. Hal ini terlihat dari proses pelaksanaan evaluasi yang sudah benar-benar diterapkan guru dengan baik dan juga pemberian nilai kepada siswa secara murni tanpa adanya penambahan. (4) Hambatan dalam implementasi KTSP yaitu banyaknya beban kerja guru, kondisi siswa yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, serta kurangnya sarana dan prasarana. (5) Upaya yang dilakukan adalah merumuskan kembali pembagian tugas guru agar bisa merata sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah, selalu berkomunikasi kepada orang tua siswa, meningkatkan kedisiplinan dan memanajemen waktu secara baik, mengajukan usulan kepada kepala sekolah dan yayasan untuk penggadaan sarana dan prasarana pendidikan. Kata Kunci : implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item View Item