LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Ahmad, Eka Maulana (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) TAHUN AKADEMIK 2017/2018. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan lengkap.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Progran PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah di peroleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi Yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PLT. Progran PLT di SMP Negeri 5 Depok dimulai sejak 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Adapun pelaksanaan program PLT tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, observasi pembelajaran, persiapan mengajar, RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang brtujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap raktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media Pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pada tahap pelaksanaan mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa diberi kesempatan untuk mengajar kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D dengan menggunakan Kurikulum 2013 dengan alokasi waktu 3 x 40 Menit untuk sekali pertemuan dan kelas IX A, IX B, dan IX C dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan alokasi wakti 1 x 40 menit untk satu kali pertemuan. Permasalahan yang ditemui oleh mahasiswa PLT di SMP Negeri 5 Depok adalah masalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi kurikulum yang masih membutuhkan strategi khusus. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiswa PLT dengan siswa-siswi, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pembelajaran, Siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62093

Actions (login required)

View Item View Item